Senin, 03 Agustus 2009

ALQURAN ADALAH PATOKAN DASAR DALAM BERISLAM


Visualisasi sebuah perencanaan merupakan sesuatu yang mutlaq dalam management manapun, karena jika tidak memiliki visualisasi, atau gambaran yang jelas maka dalam perjalanan sesuatu kegiatan atau pembangunan akan terjadi penambahan dan pengurangan sesuai perasaan yang menjalankannya. Sedangkan adanya visualisasi saja masih ada tikus-tikus nakal yang bermain dalam memanfaatkan sumber-sumber atau material-material yang ada.

Dalam kehidupan berIslam ada visualisasi atau gambaran yang jelas bagaimana kita menjalankan ke Islaman kita, yaitu al-Qur’an dan adapula detail gambaran dari visualisasi utama bila kita mengalami pengaburan makna yaitu sunnah Rasulullah saw, walaupun sunnah Rasulullah saw ini adalah hasil dari refleksi berQur’an itu sendiri.

Jadi bila kita melihat hal-hal yang asing dalam pengamalan ajaran ini kembalikan kepada perinsip dasar tadi, ada-tidak termaktub dalam al-Qur’an dan bagaimana detail gambarannya. Jika tidak ada pasti ada penyimpangan, atau penambahan dan pengurangan yang di dalam terminology islam disebut dengan bid’ah. Karena boleh jadi hal-hal yang asing yang kita saksikan adalah karena belum sampainya kita pada pemahaman yang kamil. Apalagi kita bukanlah orang-orang yang hafal qur’an.

1 komentar:

  1. tapi alqur'an sekarang ada alqur'an terjemahan versi tni, ada juga alqur'an terjemahan versi orientalis barat dan itu sudah menyebar. alhamdulillah untungnya selalu ada tex asli disebelahnya. namun .... hal itu membutuhkan kepandaian dalam berbahasa arab. yah berarti belajar bahasa Arab wajib donk. jika tidak mau belajar bahasa Arab juga gak apa-apa tapi yang pasti jangan mengklaim diri sudah benar. itu saja. sedangkan yang sering 'belagu' bahasa Arab saja sudah banyak yang menyimpang, mengapa? karena bukan maunya tuhan yang di ikuti tapi maunya dirinya yang diikuti oleh tuhan.

    BalasHapus

Ingat Waktu ..... Dalam Setiap Aktivitas