Senin, 05 Mei 2008

Mau tau caranya supaya IndoNeSia Bangkit?

Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Sangking luarbiasanya sehingga digambarkan dalam sebuah bait syair ‘Tongkat dilempar jadi tanaman’. Namun ternyata, sumber daya alam yang dimiliki, tidak akan pernah memajukan negara manapun. Karena sumber daya alam hanya merupakan alat. Jadi yang sangat dipentingkan dalam memajukan Indonesia adalah ilmu untuk menggunakan alat itu secara maksimal. Bukankah begitu?

Tapi ……. kalau dipikir-pikir, orang-orang Indonesia kan sudah banyak yang pintar, yang bukan hanya dapat memaksimalkan penggunaan alat. Bahkan membuat alat untuk menghasilkan alat yang maksimal pun orang-orang Indonesia banyak yang bisa.

Lantas………..? apa permasalahan yang terbesar yang dialami oleh Indonesia hingga terpuruk dalam segala bidang.

Jika boleh ane berkomentar. Ana akan berkomentar begini……………

Indonesia tidak memiliki ideologi yang menjadi kebanggaan anak bangsanya. Atau ideologi Indonesia yang berupa pancasila, selalu diartikan dalam bentuk plural sesuai dalam keaneka-ragaman suku dan agamanya. Jika demikian, inilah akar masalahnya. Sehingga Kita kehilangan budaya universal. Artinya, budaya kita itu tidak dapat dibanggakan sesuai dengan nilai-nilai universal. Maaf…………… saya ini kan bicara sesuai presefsi saya………… sebagaimana ada orang yang menerjemahkan pancasila sebagai alat persatuan yang melarang orang beragama menjalankan sesuai agamanya masing-masing..

Orang barat, yang terkenal dengan bangsa so bebas sekalipun, ketika mereka mengadakan penyiaran di siang hari mereka menggunakan baju sopan, dan konon tayangan tv nya memegang prinsip-prinsip kesopanan. Maksud saya ya begini ini lo budaya universal. Yang namanya porno, yang namanya kekerasan, itu ya jika bisa diminimalisir, kalau bisa yang dihilangkan lah.

Ini gara-gara menjalankan pancasila, kok budaya-budaya kuno itu dipertahankan.

Contoh lagi Tailand, ketika dia sudah membawa budayanya untuk ditampakkan kedunia luar, mereka tidak bertelanjang dada, seperti penari jawa yang konon katanya mempertahankan budaya leluhur.

Pokoke, budaya yang kurang gaul dalam dunia orang pintar jaman sekarang ya sudah, dibuang jauh-jauh lah.

Saya yakin jika orang-orang Indonesia betul-betul menjalankan pancasila sebagaimana para perumus pancasila pada saat itu, Indonesia akan menjadi negara maju. Tapi ya… tidak sesuai dengan kacamata pilosofi orang-orang sok pintar sekarang ini.

Indonesia bangkit.

Bangkit dengan kejelasan idealogi

Bangkit dengan mental baja

Bangkit dengan semangat nasionalisme dewasa

Eh apa lagi itu, kok tambah dewasa.

Maksudnya…………..

Dewasa dalam artian saling ngerti lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat Waktu ..... Dalam Setiap Aktivitas